•  
  • Maju Membangun Bangsa Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Profil
Diposting tanggal: 30 September 2016

MGMP TIK Kota Bekasi adalah himpunan guru-guru TIK SMA Se-Kota Bekasi, yang memiliki keinginan untuk memajukan siswa/i di dalam bidang Informasi dan Teknologi.

MGMP TIK Kota Bekasi berdiri berdasarkan SK Diknas Kota Bekasi.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (MGMP TIK) Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan forum yang sangat strategis untuk membahas berbagai hal yang berkenaan dengan masalah-masalah dibidang pendidikan, khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dewasa ini.


            Perkembangan pendidikan di Indonesia dewasa ini, yang demikian cepat menuntut para pendidik untuk dapat meningkatkan kinerjanya dan lebih profesional, baik dalam tahapan persiapan belajar mengajar, seperti dengan menyiapkan perangkat administrasi guru maupun dalam tataran praktek cara mengajar, sehingga proses belajar mengajar tersebut dapat berlangsung efektif dan efisien dengan output (hasil belajar) dirasakan oleh peserta didik yang berupa aspek pengetahuan konsep, keterampilan, sikap, nilai-nilai yang direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari, juga benar-benar menempatkan siswa sebagai subyek pendidikan. Namun kondisi riel di lapangan kendala yang dihadapi :

  1. Masih banyak guru yang belum memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan.
  2. Sebagian guru merasa puas dengan kondisi dan kemampuan yang telah dimiliki.
  3. Ikhtiar guru untuk meningkatkan kompetensi diri sangat terbatas
  4. Banyak waktu dihabiskan diruang kelas sekedar untuk mengejar target kurikulum.
  5. Diluar kelas waktu guru banyak dihabiskan untuk kepentingan non-akademik.
  6. Kontak akademik antar guru sangat terbatas.
  7. Hasil ujian kompetensi guru masih banyak guru yang nilainya dibawah standar.

Dengan adanya kondisi tersebut kami sebagai pengurus MGMP perlu mengupayakan agar supaya dapat mengajak teman-teman untuk menjadi guru pembelajar dan menjadi motor penggerak bagi teman-teman di lingkungannya. Untuk itu pengurus MGMP menganggap perlu diberikan pelatihan dalam usaha meningkatan mutu guru TIK. Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pembelajaran yang harus dikuasai oleh seorang guru TIK, kami Pengurus MGMP Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kota Bekasi terus menerus mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  se- Kota Bekasi, sehingga diharapkan adanya persamaan persepsi dan pemahaman terhadap materi yang harus diemban oleh guru TIK. Dengan adanya bantuan Blockgrant tersebut diharapkan kompetensi guru TIK dapat meningkat dan dengan adanya guru pembelajar ini diharapkan di tahun 2017 hasil ujian kompetensi guru dapat terdongkrak dan  akan menjadi motor penggerak guru pembelajar di lingkungan Kota Bekasi.